Baptisan Air? Oke!! Baptisan Roh Kudus? Emg Ada??

Satu kali, seseorang bertanya sama saya mengenai Baptisan Roh Kudus. “Adakah Baptisan Roh Kudus itu? Atau cuma sekedar karangan “urapan” dari Kristen aliran Pentakosta atau Kharismatik??”

Saya pribadi sempat tumbuh dalam pemahaman yang seperti itu. Saya sangat percaya bahwa ketika saya di baptis air (selam), secara otomatis saya juga telah di baptis oleh Roh Kudus. Saat itu saya berpikir bahwa orang2 yg mengaku telah di baptis Roh Kudus adalah org2 yg “gila” & fanatik yg berlebihan akan suatu aliran. Bahkan menurut saya org2 yg percaya hal2 seperti itu adl org2 yg telah disesatkan oleh pengajaran nabi palsu. Tp saya lebih bertindak dengan cara ‘saya ya saya dan anda ya anda‘  artinya pemahaman saya adl pemahaman saya, dan jangan diganggu gugat & pemahaman anda yg percaya hal2 seperti itu,, ya silahkan2 saja,, saya tidak mau mengusik.

Hingga suatu hari, pada saat saya mengikuti Ibadah Doa Pengurapan dari acara Healing Movement yg diselenggarakan oleh Gereja-Gereja di Indonesia bersama tim Benny Hinn Ministry (Tahun 2006), saya benar2 menemukan titik balik dari pikiran lama saya. Jadi pada saat itu, ketika ibu Pdt Indri Gautama membuka doa, saya mengalami sesuatu yg tidak pernah saya rasakan sebelumnya,, seperti sesuatu yg penuh dlm roh saya,, tp sangat asing buat saya. Saya tidak paham sama sekali dgn kejadiaan yg sedang menimpa saya. Itulah saat pertama kali saya tidak bisa mengontrol lidah, mulut & roh saya dalam menyembah Tuhan. Biasanya kalau sedang penyembahan, saya suka bermazmur baik dlm bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Tp saat itu,, entah apa yg terjadi,, mulut saya terbuka untuk kalimat2 “aneh”.

Kejadian tersebut tidak spontan merubah pikiran saya dalam sekejap walau roh saya tidak bisa dibohongi bahwa saya sudah merasakan apa itu kepenuhan Roh. Mulai hari itu saya mencari jawaban atas kejadian itu. Dan mulai hari itu juga, Tuhan memberikan pemahaman2 baru & doktrin2 baru. Bukan doktrin yg dibuat Gereja atau hamba Tuhan. Tp doktrin yg “dibuat” Roh Kudus sendiri buat pengalaman rohani saya secara pribadi. Saya memang telah dibaptis air tahun 2001 tapi akhirnya Tuhan membaptis saya dgn Roh Kudus 5 tahun setelah itu.

Jadi,, kalau ditanya, apakah Baptisan Air sama dengan Baptisan Roh Kudus?? Tidak!! Begini penjelasannya, Baptisan Air adalah tanda yang diberikan kepada seorang percaya ketika mereka memproklamirkan bahwa mereka bertobat dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat mereka secara pribadi. Baptisan Roh Kudus adalah tanda yang diberikan kepada seorang percaya ketika mereka dipenuhi oleh Roh Allah dalam memulai pelayanan.

1. MAT 3 : 11
– Yohanes membaptis dengan air tetapi Yesus akan membaptis dengan Roh Kudus dan dengan api

2. MAR 1 : 8
– Yohanes membaptis dengan air tetapi Yesus akan membaptis dengan Roh Kudus

3. LUK 3 : 16
– Yohanes membaptis dengan air tetapi Yesus akan membaptis dengan Roh Kudus dan dengan api

4. KPR 1 : 5
– Yohanes membaptis dengan air tetapi Yesus akan membaptis dengan Roh Kudus

5. KPR 2 : 1-20
– (ayat 1) Semua orang percaya – siapa org percaya? – orang yang uda kenal Kristus & sudah pasti di baptis air
– (Ayat 3-4) Setelah ada ‘lidah2 api’ – mereka penuh dengan Roh Kudus – dan mereka mulai berkata-kata dlm bahasa lain

6. KPR 8 : 14-17
– (ayat 14) Tanah Samaria telah menerima firman Tuhan – artinya, mereka sudah menerima kebenaran firman Allah
– (ayat 15-16) Kedua rasul berdoa supaya orang Samaria beroleh Roh Kudus – artinya,
beroleh Roh Kudus adalah level yang beda setelah kita menerima firman Allah
– (ayat 17) Setelah terjadi pengurapan oleh kedua rasul, Roh Kudus turun atas mereka

7. KPR 10 : 45-46
– (ayat 45)  Ada Karunia Roh Kudus yang dicurahkan – artinya, ada suatu moment dimana terjadi lagi pencurahan Karunia Roh Kudus
– (ayat 46) Orang-orang itu adalah orang-orang bersunat yang telah dicurahkan Karunia Roh Kudus – mereka berbahasa roh

8. KPR 19 : 2-6
– (ayat 2) “Sudah menerima Roh Kudus setelah menjadi percaya?” – artinya, kedua hal itu berbeda level.
Yang pertama, menjadi percaya & yang kedua, menerima Roh Kudus
– (ayat 5) Tanda percaya Yesus adalah baptisan
– (ayat 6) Terjadi pengurapan, baptisan Roh Kudus, berbahasa roh

9. YOH 1 : 33
– Yohanes membaptis dengan air tetapi Yesus akan membaptis dengan Roh Kudus

10. YOH 20 : 22
– Yesus menggembusi mereka – artinya, ada satu proses dimana terjadi suatu ‘hembusan’ baru dalam hidup kekristenan

– “Terimalah Roh Kudus” – artinya, ada suatu level baru yaitu hembusan Roh Kudus atau Baptisan Roh Kudus

Mengapa harus dibaptis oleh Roh Kudus??

1. Untuk penginjilan keseluruhan dunia.

  • Berkhotbah tentang Yesus Kristus dalam kuasa Roh Kudus dengan diikuti tanda-tanda : kesembuhan, mengusir setan [ Kis 8 : 1-8 ]
  • Misi-misi yang dituntun oleh Roh Kudus [ Kis 13 : 2 & Kis 16 : 6 ]

2. Untuk memiliki pandangan baru dalam kesaksian pribadi [ Kis 1 : 8 ]

  • Keyakinan : Hati berbalik kepada Allah melalui kesaksian [ Kis 2 : 37 ]
  • Tanda-tanda & keajaiban : ini mengikuti pemberitaan Firman [ Kis 2 : 37 ]
  • Keberanian : Berbicara tentang Kristus walaupun dalam pencobaan
  • Mujizat nyata : Kuasa Allah dengan jelas dinyatakan dan tidak seorang pun dapat menyangkal [ Kis 4 : 16 ]
  • Karunia-karunia Roh : Melatih untuk menghancurkan dosa-dosa gereja dan mem-bangun gereja dalam kasih [ Kis 5 : 3 – 4 , 16 ]
  • Kesaksian yang tiada hentinya : Sukacita yang tidak dapat ditahan-tahan. [ Kis 5 : 12 ]
  • Doa yang terus menerus [ Kis 3 :1, 4 : 24 – 31 , 6 : 4, 12 : 5 ]

3. Untuk kekuatan yang baru bagi pelayanan gereja setempat

  • Memuji Allah : kehidupan penyembahan gereja [ Efs 5 : 18 – 20 ]
  • Mengingatkan satu sama lain : menjadi kekuatan diantara orang-orang Kristen [ Ef 4 : 11 – 17, Rom 12 : 4 – 8, 1 Kor 12 : 7 ]
  • Menginjili orang lain : menjangkau [ Kis 6 : 3 – 7, 8 : 5 – 40, 1 Kor 1 : 17,  2 : 4 – 5 ]

4. Untuk memperoleh kemenangan dalam peperangan rohani

  • Seperti yang diajarkan Paulus [Efs 6 : 12, 2 Kor 10 : 3 – 6]
  • Seperti yang dialami Paulus, rasul-rasul dan orang percaya
  • Serambi Salomo; Orang-orang menderita yang dikuasai roh jahat disembuhkan [Kis 5 : 16]
  • Di Samaria; Simon si tukang sihir & pengikutnya diubahkan [Kis 8 : 7 – 13]
  • Di Pafos; Elimas nabi palsu Yahudi dibutakan ketika dia menghalangi pemberitaan firman [Kis 13 : 6 – 12]
  • Di Filipi ; budak perempuan dengan roh tenun dibebaskan [ Kis 16 : 16 – 18 ]
  • Di Efesus ; 7 anak skewa kerasukan roh jahat [ Kis 19 : 11 – 20 ]

Tetapi sekali lagi, ini adalah pengalaman rohani saya. Mengalami pembaptisan Roh Kudus adalah benar tapi ini bukan satu2nya kebenaran. Saya tidak akan membilang bhw yg tidak dibaptis Roh Kudus tidak akan masuk sorga, Tidak! Masing2 punya pengalaman rohani sendiri bersama Tuhan.


2 thoughts on “Baptisan Air? Oke!! Baptisan Roh Kudus? Emg Ada??

    1. shalom,
      thanks buat link nya ya..
      uda sebagian dibaca..🙂
      sangat memberkati..

      scr umum,, sya sih ga akan banyak mengomentari catatan tersebut.
      sya sangat setuju utk beberapa hal tetapi dialain sisi,, sya jg ga berani bilang bhw yg mengalami / melakukan hal tersebut adl nabi paslu dsb.

      menurut sya yg paling aman adalah kita minta karunia membedakan roh dari Allah. Sehingga roh kita pun cukup peka utk mengetahui pengajaran mana yg sesuai dan pengajaran mana yg sepertinya menyimpang.

      sedikit mengenai kalimat anda di atas, “Baptis Roh Kudus bisa masuk SORGA??”– sya pun tidak berkata demikian karena ALKITAB jelas TIDAK MENGATAKAN syarat masuk sorga adl Baptisan (baik air maupun Roh Kudus). Kisahnya saja dpt kita lihat pada penjahat yang ada bersama dengan Yesus waktu disalib. Ketika si penjahat itu bertobat, Yesus langsung menjanjikan Firdaus pada dirinya. Tentu ga ada proses baptisan air dulu kan? apalagi baptisan Roh Kudus.

      Tetapi seperti penutup dalam artikel sya ini,, sya cuma berkata ini adalah pengalaman rohani pribadi sya dan sekali-kali sya tidak menyebut ini adalah doktrin baru. Maka nya sya tulis, ‘Mengalami pembaptisan Roh Kudus adalah benar (Alkitabiah) tapi ini bukan satu-satunya kebenaran.’

      tapi sekali lagi, terima kasih utk link nya..🙂

      salam,
      donny

      GBU

Leave a Reply

