Kristen Tau Diri

Kata “tau diri” biasanya menjadi kata yang biasa kita dengar kalau ada minimal 2 orang atau mungkin lebih sedang berdiskusi atau bahkan ada yang bertengkar. Tujuan kata “tau diri” diucapkan biasa nya untuk memberi tau atau sekedar mengingatkan orang yang sedang dibahas itu untuk jangan lupa akan keadaan sesungguhnya atau keadaan sebelumnya, dimana mungkin keadaan yang sekarang tidak seperti keadaan yang terdahulu.

Misalnya, kalau ada orang bilang.. “kamu harusnya tau diri, dulu kamu susah, kalau bukan saya yang bantu…” itu artinya orang yang sedang diajak bicara dulu mengalami kondisi sulit, lalu dia dibantu oleh orang lain sehingga hidupnya berubah.

Nah, kita juga sebagai orang Kristen harus TAU DIRI…

Mengapa kita harus tau diri?

  1. Kita seharusnya mati (Efesus 2:1-3) – mati bukan hanya fisik menua, atau bahkan mati karena sakit/kecelakaan/terbunuh, dll tapi mati kekekalan. mati yang kedua dan selamanya. Apa yang harus kita ketahui tentang mati? a. Karena dosa Adam (Roma 5:12); b. Kita dikandung dalam dosa (Mazmur 51:7); c. Semua orang jadi berdosa (Roma 5:19); d. Upah dosa adalah maut (Roma 6:23).
  2. Kita diselamatkan Allah. – Rancangan keselamatan sejak awalnya adalah ide dari Allah. Tidak ada setitikpun peran manusia di dalamnya. Waktu Adam jatuh dalam dosa, Adam bersembunyi, Allah yang MENCARI Adam (Kejadian 3:9). Setelah Allah berjumpa dengan Adam, Allah tau Adam telanjang, Allah MEMBERI pakaian kepada Adam (Kejadian 3:21). Lalu pada akhirnya, Allah memberi diri-Nya bagi penebusan manusia (1 Timotius 2:5-6).
  3. Kita disertai Allah. – a. Kita disertai Tuhan bahkan ketika kita tidak dianggap oleh orang tua kita (Mazmur 27:10); b. Kita disertai Tuhan ketika sedang berbeban berat (Matius 11:28); c. Kita disertai Tuhan ketika kita ditinggal oleh orang yang kita kasihi (Mazmur 23:4); d. Kita disertai Tuhan waktu ada orang mau celakai kita (Lukas 10:19); e. Kita disertai Tuhan waktu dalam kekhawatiran (Mazmur 55:23)
  4. Kita itu Bait Allah
  5. Kita diberi talenta (Matius 25:14-30) – setiap orang pasti diberi talenta oleh Tuhan minimal 1 & setiap orang harus bertanggung jawab akan talentanya.
  6. Kita itu saksi Tuhan – Saksi atas perbuatan Tuhan atas hidup kita (Mazmur 103:2-5)

Biarlah melalui catatan-catatan diatas, kita semakin diingatkan bahwa apapun yang ada dalam diri kita sekarang, itu semua karena anugrah Tuhan dan kita harus tau diri akan hal-hal itu.

Tuhan Yesus memberkati.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s