Antara Yesus Dengan Kekristenan

Sebenarnya apa yang orang Kristen percayai? Apakah orang Kristen sedang men-“Tuhan”-kan manusia? Atau sedang me-“manusia”-kan Tuhan?

Konsep men-Tuhan-kan manusia: sosoknya adalah manusia namun dianggap sangat penting, dianggap sangat kudus, diangkap pribadi pilihan, dianggap tidak berdosa, dianggap sangat special, dianggap sangat mengetahui segala sesuatu.

Konsep me-manusia-kan Tuhan: Pribadinya adalah Tuhan/Sang Pencipta namun dianggap sama dengan manusia, dianggap setara, dianggap se-level, mengganggap Tuhan itu merasakan apa yang manusia rasakan (disakiti, difitnah, dikhianati, ditinggalkan, dll).

Jadi, konsep seperti itukah orang Kristen mengganggap Tuhan nya? — Sebenarnya, kedua nya bisa dibilang hampir benar, tapi keduanya juga dibilang belum sepenuhnya benar.

 

Sebelum lebih jauh mengenai point diatas, kita lihat dulu bagaimana yang sebenarnya orang Kristen pahami/yakini/percayai mengenai Tuhan?

  • Kekristenan percaya bahwa Tuhan yang disembah itu adalah sungguh adalah Tuhan/Allah, Sang Pencipta, Sang Kuasa, tidak ada tuhan/allah lain.
    • Ulangan 6 : 4 – Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
    • Ulangan 4 : 39 – Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa TUHANlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.
    • Ulangan 32 : 39 – Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorang pun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.
    • Yesaya 44 : 6 – Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: ‘Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku’.
    • Yeremia 16:20 – Dapatkah manusia membuat allah bagi dirinya sendiri? Yang demikian bukan allah!
  • Jadi kekristenan sungguh berpegang pada ke-Esa-an Tuhan itu sendiri, tidak akan menyetarakan dengan pribadi lain, tidak akan mengangkat pribadi lain supaya menjadi sama dengan Tuhan, tidak akan mengakui pribadi lain yang sama dengan “level”nya Tuhan.

Lalu bagaimana dengan Yesus? Mengapa orang Kristen memanggil Yesus dengan title ‘Tuhan’? Apakah Yesus benar adalah Tuhan seperti yang dimaksud? Atau orang Kristen sedang men-Tuhan-kan (memberhalakan) manusia?

  • Kekristenan percaya bahwa Tuhan/Allah adalah sebuah Pribadi bukan benda yang tidak memiliki arah. Dia memiliki sifat kreatif, Dia amat sangat cerdas, Dia memiliki perasaan.
  • Ke-Pribadian Tuhan/Allah yang adalah Roh / Ruakh / Nafas itu menciptakan segala sesuatu dengan Firman (Dia berfirman/berkalimat, maka jadilah)
  • Tuhan/Allah yang dapat berfirman itu sendiri adalah Firman
  • Tuhan/Allah yang hakekat/dzat adalah Sang Pencipta itu tidak terbatas, Dia berkuasa atas apapun, pikiranNya tidak terselami, tindakanNya tidak bisa masuk di akal manusia.
  • Tuhan/Allah yang mencipta segala sesuatu itu dengan berfirman berinisiatif untuk menjadi manusia.
  • Wujud Tuhan/Allah yang menjadi manusia itu, dikenal dengan nama Yesus.

Yohanes 1 : 1 – “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

Siapa FIRMAN ITU??

Yohanes 1: 14 – “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa,penuh kasih karunia dan kebenaran.”

Atas hal inilah Kekristenan menyebut Yesus dengan title Tuhan, kekristenan tidak sedang men-Tuhan-kan manusia dan sedang tidak me-manusia-kan Tuhan, tapi kekristenan percaya bahwa Tuhan/Allah yang adalah Roh dan Firman yang tak terbatas itu (yang tetap adalah Tuhan Pencipta) bisa dengan kekuasaanNya dapat menjadi apapun yang Dia inginkan, dan kali ini, Dia memilih wujud seorang manusia (sama dengan yang Dia ciptakan).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s